
Bengkulu – Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, mengungkapkan kekagumannya terhadap tata kelola pelayanan di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu. Saat berkunjung, Dedy terkesan dengan ruang pelayanan umum yang tertata rapi, indah, nyaman, dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk lantai khusus untuk difabel. Petugas di ruang pelayanan juga terlihat rapi dan ramah dalam melayani masyarakat.
Dalam wawancara usai kunjungan, Dedy menyatakan bahwa pelayanan di Kejari Bengkulu sangat baik, mulai dari penataan interior, dekorasi, hingga kelengkapan sarana dan prasarana. Ia bahkan berencana mengadopsi sistem pelayanan tersebut untuk diterapkan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.
“Paradigma melayani sekarang sudah berubah. Semua lembaga pemerintahan, baik eksekutif, yudikatif, maupun legislatif, benar-benar ingin memuliakan dan melayani masyarakat dengan baik. Dulu, orang datang ke Kejari mungkin merasa takut, tapi sekarang Bu Kajari telah menciptakan sistem pelayanan yang layaknya sebuah perusahaan swasta,” ujar Dedy.
Ia menegaskan bahwa pemerintah daerah juga harus mengikuti langkah tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari kantor lurah, camat, puskesmas, hingga kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kantor walikota, semua harus memberikan pelayanan terbaik.
“Ini adalah perubahan yang luar biasa. Pemda juga harus seperti itu. Mulai dari kantor lurah, camat, dan instansi lainnya, tolong berikan pelayanan terbaik. Jangan pernah mengecewakan rakyat. Jika ada yang mengecewakan rakyat, berarti mereka mengecewakan pimpinannya,” tegas Dedy.
Kunjungan ini dilakukan bersama Wakil Walikota Ronny PL Tobing, Sekretaris Daerah (Sekda) Arif Gunadi, Asisten I Eko Agusrianto, Kepala Dinas PUPR Noprisman, dan Kepala Bappeda Medy Pebriansyah. Dedy juga menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Kajari Bengkulu, I Wayan Sinaryati, yang berhasil membawa Kejari Bengkulu meraih penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).
“Luar biasa, Ibu Kajari baru saja mendapat penghargaan WBK karena komitmennya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Tidak mudah meraih penghargaan itu. Ini sungguh menjadi inspirasi bagi kami. Insya Allah, kami akan mengadopsinya di Pemerintah Kota Bengkulu,” kata Dedy.
Lebih lanjut, Dedy menjelaskan bahwa kunjungannya ke Kejari Bengkulu bertujuan untuk mempererat hubungan dan sinergitas antar-Forkopimda. Ia juga memohon dukungan dari Kajari dan jajarannya dalam mengawal pembangunan Kota Bengkulu.
“Kami sengaja bersilaturahmi dengan Kajari dan jajaran untuk mempererat hubungan Forkopimda. Kami juga mohon bantuan dari Kajari dan tim untuk mengawal pembangunan Kota Bengkulu. Jika Forkopimda kompak, Insya Allah semua program dan potensi pelanggaran hukum dapat diminimalisir,” jelas Dedy.
Sementara itu, Kajari Bengkulu, I Wayan Sinaryati, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Walikota Bengkulu dan jajarannya. Ia berharap sinergitas dan kolaborasi yang baik antara Kejari dan Pemkot Bengkulu dapat terus ditingkatkan.
“Kami sangat bahagia dan senang menerima kunjungan Pak Walikota beserta jajaran. Jika sinergitas dan kolaborasi kita sudah baik, niscaya visi dan misi Pemda akan tercapai dengan hasil yang maksimal,” ucap Sinaryati. (Redaksi)