Kemenag Buka Pendaftaran SPAN PTKIN 2025, Berikut Syarat dan Tahapannya

108
Pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional PTKIN 2025 dibuka hingga 6 Maret 2025.

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2025. Pendaftaran dibuka mulai 10 Februari hingga 6 Maret 2025.

Menurut Kepala Kesekretariatan Panitia Seleksi Nasional SPAN PTKIN 2025, Abdul Hadi, siswa yang telah didaftarkan sekolah bisa langsung mengunggah persyaratan melalui akun masing-masing.

“Siswa yang telah didaftarkan oleh pihak sekolah dapat langsung mengupload persyaratan yang dibutuhkan pada akun masing-masing calon mahasiswa,” jelasnya dikutip Sabtu (15/2).

SPAN PTKIN 2025 bisa diikuti siswa kelas terakhir tahun 2025 dari MA/MAK/SMA/SMK, Pendidikan Diniyah Formal, Pendidikan Kesetaraan, Pondok Pesantren Salafiyah, Mu’adalah Muallimin, atau Mu’adalah Salafiyah. Peserta harus memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan dari PTKIN yang dituju. Selain itu, siswa wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Nilai rapor Kelas X (Semester 1 dan 2), Kelas XI (Semester 1 dan 2), dan Kelas XII (Semester 1) harus sudah diisi di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Tahapan pendaftaran dijelas Hadi, melingkupi registrasi: Siswa mendaftar menggunakan NISN, NPSN, dan memastikan email aktif. Validasi akun akan dikirim ke email siswa.

Baca Juga:  Sekolah Aman, Layak, dan Bermutu untuk Semua

Selanjutnya login dan Cek Data: Siswa login ke siswa.ptkin.ac.id untuk memeriksa data dan nilai rapor, serta Unggah Dokumen: Siswa mengunggah rapor dan dokumen prestasi.

Pilih PTKIN dan Prodi: Siswa bisa memilih 2 PTKIN dengan 2 program studi di masing-masing PTKIN.

Cetak Bukti Pendaftaran: Setelah semua proses selesai, siswa mencetak bukti pendaftaran. Urutan pilihan PTKIN dan prodi menunjukkan prioritas.

Hadi menjelaskan SPAN PTKIN 2025 diikuti oleh 59 PTKIN dengan 1.313 program studi dan daya tampung 66.796 mahasiswa. Sebanyak 11.822 madrasah/sekolah telah melakukan finalisasi data.

“Data yang digunakan panitia nasional berasal dari Pusdatin Kemendikbud, bersumber dari Dapodik dan Emis Kemenag,” ujar Ketua Pokja, Haris Setiaji.

Bagi siswa yang mengalami kendala, lanjutnya bisa menghubungi Helpdesk SPAN PTKIN dengan melampirkan NISN, tanggal lahir, NPSN, nama lengkap, nama sekolah, dan pertanyaan. Kontak yang tersedia di Email: info@ptkin.ac.id, dan Website: https://span.ptkin.ac.id.

Panitia berharap proses seleksi berjalan lancar dan profesional. “Terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat. Panitia akan terus bekerja secara profesional,” ujar Abdul Hadi. (Rsm)

\ Get the latest news /