Jasa Ekspedisi Kian Sibuk Jelang Lebaran 2025

45
Ilustrasi: Seorang kurir menyortir paket barang/ dok InfoPublik.

Jakarta – Menjelang Lebaran 2025, jasa ekspedisi mengalami lonjakan pengiriman paket akibat meningkatnya belanja online masyarakat untuk kebutuhan Idulfitri. Kurir paket menjadi tumpuan utama, meski harus mengorbankan waktu libur bersama keluarga.

Udin, seorang kurir ekspedisi, mengungkapkan bahwa dua minggu sebelum Lebaran, jumlah pengiriman meningkat drastis. Para kurir sibuk mengantar paket hingga larut malam.

“Dalam satu wilayah pengantaran, paket bisa diantar hingga malam. Jumlahnya ratusan per hari,” ujar Udin di Tangerang, Kamis (27/3/2025).

Meski berpuasa, Udin tetap bersemangat menyelesaikan tugasnya. “Yang penting semua paket sampai tujuan. Pulang ke rumah jadi lebih tenang,” katanya.

Di tengah kesibukan, ada pelanggan yang menunjukkan apresiasi dengan memberikan bingkisan Lebaran berupa makanan dan kebutuhan pokok. “Mungkin karena sering mengantar paket ke rumahnya, pelanggan kasih bingkisan. Alhamdulillah, ada sirup, biskuit, minyak goreng, dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Tokopedia dan TikTok mencatat lonjakan penjualan selama Ramadan 2025. Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, menyebut transaksi meningkat saat sahur.

Baca Juga:  Indra Ingatkan Inpres Pengadaan dan Pengelolaan Gabah Berpotensi Hancurkan Mimpi Petani

“Nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop naik 10,5 kali lipat selama Ramadan saat sahur. Ini fenomena menarik,” kata Adit dalam acara “Bicara Tren Ramadhan 2025” di Jakarta.

Produk yang paling banyak dicari di Tokopedia meliputi parsel, kurma, dan camilan. Sementara di TikTok Shop, bahan pokok seperti minyak goreng dan gula mendominasi pencarian.

Dalam kategori fesyen, di Tokopedia baju muslim wanita, tas pria, dan hijab paling banyak dicari, sementara di TikTok Shop lebih banyak baju muslim pria dan perlengkapan ibadah.

Di sektor rumah tangga, pengguna Tokopedia mencari pewangi pakaian, kantong plastik, dan bantal, sedangkan di TikTok Shop lebih banyak mencari rak sepatu, handuk, dan keset.

Pada kategori kecantikan dan perawatan diri, di Tokopedia produk perawatan kulit dan perlengkapan mandi mendominasi, sementara di TikTok Shop lebih banyak dicari perawatan hidung mulut, parfum, dan riasan.

Untuk elektronik, pengguna Tokopedia lebih banyak mencari ponsel pintar, barang elektronik dapur, dan jam tangan pintar, sedangkan di TikTok Shop lebih banyak mencari power bank, lampu latar, dan tripod.

Baca Juga:  Bank Bengkulu Peringati HUT ke-54 dengan Santuni 1.000 Anak Yatim

Dengan lonjakan belanja online ini, jasa ekspedisi semakin sibuk memastikan paket sampai tepat waktu sebelum Lebaran. (Redaksi/IP)

\ Get the latest news /